selamat datang di blog merry

Kamis, 10 Januari 2013

Pengendalian: Tujuan,Ancaman, dan Prosedur

  Di dalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai:
·         Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.
·         Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).
·         Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat.
·          Semua transaksi dicatat dengan akurat.
·         Aset (kas, persediaan, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.
·          Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.
















Sumber :

Prosedur Pemrosesan Informasi


 SIA harus menyediakan informasi operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini:
         Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.
         Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak.

Bagaimana data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting   bahwa semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:
1.    Pemeriksaan validitas, uji kelengkapan
2.    Uji kewajaran
3.    Persetujuan kredit:
a.    Otorisasi umum, batas kredit
b.    Otorisasi khusus: pemeriksaan batas

Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut:
    1. Pesanan penjualan
    2. Slip pengepakan
    3. Kartu pengambilan barang


Kebutuhan Prosedur dan Informasi
         Menentukan ketersediaan persediaan.
         Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan.
         Menentukan harga produk dan jasa.
         Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi.
         Memilih metode untuk mengirim barang.
          

      Apakah contoh informasi tambahan yang seharusnya SIA sediakan
        Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan
        Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan
        Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
        Kepuasan pelanggan
        Analisis pangsa pasar dan tren penjualan
        Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan







Sumber :

Siklus Pendapatan : Pejualan & Penagihan Kas


Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
• Apa sajakah dari empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan ?
a.  Entri pesanan penjualan
b.  Pengiriman
c.  Penagihan dan Piutang Usaha
d.  Penagihan Kas

a. Entri Pesanan Penjualan
Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:
1. Mengambil pesanan dari pelanggan
Pesanan pelanggan dapat diterima dalam berbagai cara : ditoko, melalui surat, melalui telepon,melalui website, atau melalui tenaga penjualan dilapangan.
2. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
Penjualan kredit harus disetujui sebelum proses, bagi pelanggan lama harus dengan catatan pembayaran yang baik, pemeriksaan kredit  untuk setiap penjualan.
3. Memeriksa ketersediaan persediaan
Menetapkan apakah tersedia  cukup persedian untuk memenuhi pesanan tersebut. Agar pelanggan dapat diinformasikan mengenai perkiraan tanggal pengiriman

b. Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap:
1. Mengambil dan mengepak pesanan
Kartu pengambilan barang dicetak sesuai dengan entri pesananan  penjualan akan memicu proses pengambilan dan pengepakan. Para pekerja bagian gudang menggunakan kartu pengambilan barang untuk mengidentifikasi produk mana dan jumlah setiap produk.
2. Mengirim pesanan tersebut
Salah satu keputusan utama yang perlu dibuat ketika memenuhi dan pengiriman  pesanan pelanggan berkaitan metode pengiriman. Sistem komunikasi canggih dapat memberikan informasi secara real time mengenai status pengiriman dan oleh karenanya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.

c. Penagihan dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan:
1. Penagihan ke para pelanggan
2. Memelihara data piutang usaha

d. Penagihan Kas
Langkah keempat (terakhir) dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas, melibatkan:
1. Menangani kiriman uang pelanggan
2. Menyimpannya ke bank

Sumber :

Siklus Pendapatan : Pejualan & Penagihan Kas


Aktivitas Bisnis Siklus Pendapatan

Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
• Apa sajakah dari empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan ?
a.  Entri pesanan penjualan
b.  Pengiriman
c.  Penagihan dan Piutang Usaha
d.  Penagihan Kas

a. Entri Pesanan Penjualan
Proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:
1. Mengambil pesanan dari pelanggan
Pesanan pelanggan dapat diterima dalam berbagai cara : ditoko, melalui surat, melalui telepon,melalui website, atau melalui tenaga penjualan dilapangan.
2. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
Penjualan kredit harus disetujui sebelum proses, bagi pelanggan lama harus dengan catatan pembayaran yang baik, pemeriksaan kredit  untuk setiap penjualan.
3. Memeriksa ketersediaan persediaan
Menetapkan apakah tersedia  cukup persedian untuk memenuhi pesanan tersebut. Agar pelanggan dapat diinformasikan mengenai perkiraan tanggal pengiriman

b. Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap:
1. Mengambil dan mengepak pesanan
Kartu pengambilan barang dicetak sesuai dengan entri pesananan  penjualan akan memicu proses pengambilan dan pengepakan. Para pekerja bagian gudang menggunakan kartu pengambilan barang untuk mengidentifikasi produk mana dan jumlah setiap produk.
2. Mengirim pesanan tersebut
Salah satu keputusan utama yang perlu dibuat ketika memenuhi dan pengiriman  pesanan pelanggan berkaitan metode pengiriman. Sistem komunikasi canggih dapat memberikan informasi secara real time mengenai status pengiriman dan oleh karenanya memberikan nilai tambah bagi para pelanggan.

c. Penagihan dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan:
1. Penagihan ke para pelanggan
2. Memelihara data piutang usaha

d. Penagihan Kas
Langkah keempat (terakhir) dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas, melibatkan:
1. Menangani kiriman uang pelanggan
2. Menyimpannya ke bank

Sumber :