selamat datang di blog merry

Minggu, 18 Maret 2012

Tamasya ke Pulau Seribu

Tahun 2009 saya pernah berkunjung ke pulau seribu dintaranya pulau untung jawa dan pulau rambut.

Pulau Rambut

Pulau Untung Jawa

Awal perjalanan saya dimulai dari depok saat itu saya pergi bersama grup teman-teman gereja saya. Alasan kami pergi adalah liburan anak-anak muda satu gereja dalam rangka kebersamaan. Perjalan diawali dari jalan kenanga depok menggunakan bus debora berukuran besar dengan kapasitas 30 0rang. Kami menggunakan 2 bus karena jumlah peserta 64 orang.Keberangkatan kami jam 07.00 pagi dari jalan kenanga depok melalui jalan margonda raya kemudian melalui lenteng agung,tanjung barat,pasar minggu,pancoran kemudian masuk tol pancoran melalui jalan gatot subroto,kuningan,slipi menuju jakarta barat dan sebelum mall taman anggrek kami mengambil tol merak tangerang sebelum jalan tol menuju arah tol merak tangerang kami keluar dari tol dan menuju pelabuhan tanjung pasir. Kami tiba di pelabuhan tanjung pasir tangerang tepat pukul 10 pagi. Di pelabuhan tersebut kami menemui banyak kami kambing berkeliaran dengan bebas di pelabuhan tersebut yang sangat akrap dengan pengunjung pelabuhan tersebut. Sambil berhenti sejenak kami berfoto-foto bersama, kemudian perjalan kami lanjutkan dengan menggunakan perahu-perahu kecil untuk menyebrang ke pulau untung jawa yang terlihat dari pinggir pantai tanjung pasir. Kami menyebrang secara antri karena perahu-perahu kecil yang disediakan hanya 1 perahu untuk kami sedangkan yang lain untuk pengujung pulau-pulau seribu disekitar pulau untung jawa. Kapasitas perahu untuk penyebrang adalah 20 orang dan akhirnya kami menyebrang secara antri selama 3 kali. Penyebrangan 15-20 menit tergantung gelombang laut. Dan sambil menunggu penyebrangan kami yang masih di pelabuhan tanjung pasir terus berfoto-foto satu sama lain. Akhirnya kami semua sudah menyebrang dan tepat pukul 1 siang kami semua sudah tiba di pulau untung jawa yang merupakan salah satu bagian dari pulau seribu. Pulau tersebut sangat indah karena besarnya pulau tersebut dikelilingi oleh pohon-pohon bakau yang tumbuh dan tersusun rapih di pinggir pantai dan lebih indah lagi pulau tersebut dikelilingi juga oleh jembatan-jembatan kayu ditengah-tengah pohon bakau tersebut. Kemudian jembatan kayu menuju tengah laut yang kira-kira panjangnya 800 meter, dan yang paling kami tunggu-tunggu adalah ikan bakar yang memanjakan lidah kami karena saat itu tepat waktu makan siang.Kami menginap di penginapan-penginapan kecil disepanjangn pantai pulau untung jawa yang jaraknya cukup dekat dengan pantai.Dan keesokan harinya kami berkunjung ke pulau rambut yang dihuni oleh biawak, kelelawar dam ular yang di lindungi oleh pemerintah. Pulau untung jawa merupakan pulau seribu dengan jumlah penduduk yang paling banyak di kepulauan seribu. Inilah perjalanan saya menuju pulau seribu yang tidak pernah saya lupakan.