Kebijakan dan prosedur yang dapat membantu mengarahkan manajemen hendaknya
dilaksanakan. Aktivitas pengendalian hendaknya dilaksanakan dengan menembus
semua level dan semua fungsi yang ada di perusahaan. Meliputi : aktifitas-aktifitas
persetujuan, kewenangan, verifikasi, rekonsiliasi, inspeksi atas kinerja
operasional, keamanan sumber daya (aset), pemisahan tugas dan tanggung jawab.
Terdiri dari
kebijakan dan prosedur yang menjamin aryawan melaksanakan arah manajemen. Aktivitas
Pengendalian meliputi review terhadap system pengendalian, pemisahan tugas, dan
pengendalian terhadap sistem informasi. Pengendalian terhadap system informasi
meliputi 2 cara:
· General
Controls, mencakup control terhadap akses, perangkat lunak, dan system development.
· Application
Controls, mencakup pencgahann dan deteksi transaksi yang tidak terotorisasi.
Berfungsi untuk menjamin completeness,
accuracy, authorization, and validity dari proses transaksi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar